HARI ORANG MUDA SEDUNIA (21 NOVEMBER 2021)

author photo November 20, 2021
Diadakannya Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) tentu saja merupakan hasil intuisi profetis yang luar biasa dari St. Yohanes Paulus II. Ia menjelaskan alasan terhadap keputusannya sebagai berikut: “Semua orang muda harus merasa bahwa Gereja peduli kepada mereka. Oleh karena itu, layaklah seluruh Gereja pada tingkat dunia, dalam kesatuan dengan Paus sebagai Penerus Santo Petrus, menjadi lebih dan semakin berkomitmen kepada orang muda, terhadap keprihatinan dan kekhawatiran mereka, terhadap aspirasi dan harapan mereka, mewujudkannya dengan menyampaikan kepastian yaitu Kristus, kebenaran adalah Kristus, cinta adalah Kristus.

Paus Benediktus ke-16 meneruskan tanggung jawab dari pendahulunya. Dalam berbagai kesempatan, Paus menegaskan bahwa peristiwa ini adalah anugerah ilahi untuk Gereja. Paus mendeskripsikannya sebagai “obat manjur melawan kelelahan iman”, “Kristianitas yang diperbarui dan lebih berjiwa muda” serta “praktik evangelisasi baru”.

Dalam pandangan Paus Fransiskus pula, Hari Orang Muda Sedunia memberikan dorongan misioner yang luar biasa kuat pada seluruh Gereja, secara khusus kepada generasi yang lebih muda. Hanya beberapa bulan setelah terpilih, Paus Fransiskus merayakan tahbisannya pada Hari Orang Muda Sedunia di Rio de Janeiro pada Juli 2013. Di akhir acara, Paus menyampaikan bahwa Hari Orang Muda Sedunia “adalah sebuah tahap baru dalam peziarahan orang muda melintasi berbagai benua sambil membawa Salib Kristus”. Paus Fransiskus juga menyampaikan bahwa “kita tidak boleh lupa bahwa Hari Orang Muda Sedunia bukanlah ‘pertunjukan kembang api’ yang menampilkan antusiasme yang berakhir dalam dirinya sendiri, melainkan adalah berbagai tahap dari sebuah perjalanan panjang yang berawal sejak 1985, dari inisiatif Paus Yohanes Paulus II”.

Paus Fransiskus menegaskan poin utamanya: “Marilah kita selalu mengingat bahwa orang muda tidak mengikuti Paus, mereka mengikuti Yesus Kristus, memikul salib-Nya. Dan Paus membimbing dan mendampingi mereka dalam perjalanan iman dan harapan”.

Sebagaimana kita ketahui, perayaan internasional dari acara ini biasanya dilaksanakan setiap tiga tahun sekali di negara yang berbeda dan dihadiri oleh Bapa Suci. Di sisi lain, perayaan HOMS yang umum dilaksanakan tiap tahun di Gereja-Gereja partikular yang menyelenggarakan acara ini. (*)
 
Baca Juga:
 
 

 
Next article Next Post
Previous article Previous Post