Rekoleksi Emmaus Journey 2023

author photo June 04, 2023
Laporan Sie Kitab Suci - Kegiatan Emmaus Journey

Pada hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2023, suatu perjalanan rohani yang berarti bagi para Emmauser telah berlangsung di Gedung Serba Guna, Paroki Maria Bunda Segala Bangsa Kota Wisata. Acara tersebut adalah Rekoleksi Emmaus Journey, dengan tema yang penuh inspirasi: "Berjalan Bersama Kristus". Rekoleksi ini difasilitasi oleh RD. Yohanes Driyanto yang membawa pesan penting berdasarkan teks Injil Lukas 24:28-33.

Yesus ada bersama kita, meski kita mungkin tidak mengenali-Nya. Dalam konteks perjalanan ke Emmaus, Yesus ada bersama pengikut-Nya, meski mereka tidak mengenali-Nya. Hal ini bisa diartikan bahwa dalam kehidupan, mungkin para Emmauser merasa seakan-akan Yesus tidak ada, Ia sebenarnya selalu ada dan berjalan bersama.

Kita harus selalu mengundang Yesus ke dalam hidup kita. Saat sampai di Emmaus, Yesus berpura-pura akan meneruskan perjalanan-Nya, tetapi pengikut-Nya meminta-Nya untuk tinggal bersama mereka. Ini menunjukkan bahwa kita harus secara aktif mengundang Yesus ke dalam hidup kita dan meminta-Nya untuk tinggal bersama kita. Ini mengingatkan kepada para Emmauser agar selalu mengundang Yesus untuk selalu hadir dalam setiap langkah kehidupan dan merefleksikannya melalui jurnal harian. Ini pula yang menyadarkan para Emmauser bahwa Kristus senantiasa hadir bersama kita.

Pesan penting teks itu juga adalah keberanian dan semangat berkobar-kobar untuk menjadi saksi kebangkitan Tuhan. Romo Driyanto menekankan bahwa setelah kehadiran Roh Kudus melalui Pentakosta kepada kita semua, kebangkitan Tuhan harus diwartakan. Ini adalah suatu kewajiban dan perintah-Nya: "Sebagaimana Bapa telah mengutus Aku, demikian pula Aku mengutus engkau." Momen tersebut menjadi pengingat bagi Emmauser bahwa mereka juga dipanggil untuk berbagi berita baik tentang kebangkitan Kristus kepada dunia, dan menjadi duta yang mempromosikan cinta kasih Kristus di mana-mana. Romo Driyanto selanjutnya mengajak para Emmauser memahami dan merenungkan pesan ini melalui kegiatan-kegiatan Emmaus Journey dan mengajak lebih banyak orang beriman  untuk mengenal Tuhan yang bangkit  melalui Kitab Suci. Ini bisa jadi merupakan tantangan yang tidak selalu mudah, namun para Emmauser musti percaya bahwa Tuhan sendirilah yang akan menyertai.

Para Emmauser memandang rekoleksi ini sebagai sumber inspirasi dan penyegaran rohani. Dengan penuh semangat, para Emmauser siap menerima panggilan itu, memperkuat keyakinan mereka dan berjalan bersama Kristus yang bangkit. Kesimpulan dari acara ini adalah bahwa setiap orang menjadi bagian penting dari rencana Ilahi dan memiliki peran penting dalam menyebarkan kabar baik tentang kebangkitan Tuhan.

Rekoleksi Emmaus Journey telah mencapai tujuannya untuk memperdalam iman peserta, memberikan pemahaman yang lebih besar tentang kebangkitan Kristus dan pentingnya menjadi saksi kebangkitan-Nya dalam hidup mereka. Ini juga menunjukkan bagaimana keberanian dan semangat yang berkobar-kobar bisa membantu mewartakan pesan tersebut ke dunia dan lingkungan kita masing-masing.

Rekoleksi ini kemudian ditutup dengan perayaan Misa yang dipersembahkan oleh Romo Paroki, RD Bonifasius Heribertus Beke dan RD Yohanes Driyanto. Misa ini mengingatkan kepada para Emmauser bahwa Ekaristi adalah puncak perayaan Iman umat Katolik. Dalam Perayaan Ekaristi, para Emmauser bersatu dengan Kristus sebagai Kepala Gereja dan Emmauser pun disatukan dengan umat yang lain. Kesadaran ini membawa konsekuensi bahwa setiap Emmauser musti menjalankan peran perutusan. Para Emmauser harus menjadi pewarta Kristus tanpa takut dan dengan tanpa keraguan karena Kristus akan selalu menyertai perjalanan umat-Nya.

Reporter: Alexander Wijayanto



Next article Next Post
Previous article Previous Post