TUHAN SUNGGUH HADIR MENYERTAI KITA!

author photo December 17, 2022
Minggu, 18 Desember 2022
Minggu Adven IV
Bacaan: Yes.7:10-14, Rom.1:1-7, Mat.1:18-24


Suasana perayaan hari raya Natal sudah sangat terasa. Dalam gedung gereja tentu sudah dipasang gua natal. Sementara itu, musik, lagu atau pernak-pernik hiasan Natal sudah di m​​all, bandara atau bahkan di jalan protokol di berbagai kota. Sambil kita berharap semoga perayaan Natal berlangsung dalam suasana tenang dan damai, mari kita renungkan bacaan-bacaan Kitab Suci dari pekan keempat masa Adven ini.

Bacaan Injil pada hari Minggu ini diambil dari Injil Matius, yang memaparkan tentang rencana kelahiran Yesus. Nama Yesus, harus disematkan oleh Yusuf, berdasarkan perintah malaikat Tuhan yang datang lewat mimpinya. Malaikat Tuhan mengabarkan bahwa Yesus adalah Sang Imanuel, artinya "Allah menyertai kita". Yusuf pun melakukan apa yang diperintahkan malaikat Tuhan kepadanya.

Lewat bacaan Injil pada hari ini, kita diajak untuk seperti  Yusuf, agar kita mampu bersikap bijak dan tulus hati terhadap suatu pergumulan hidup dalam sikap yang taat akan kehendak Allah. Sikap ketaatannya membentuk karakter dirinya sebagai  seorang yang tulus, penuh kasih, murah hati, penuh kebaikan tetapi juga seorang yang tegas. Yusuf mampu bertindak dan mengikuti perintah serta kehendak Allah dalam karya keselamatan Allah untuk umat manusia.

Memasuki saatnya kita merayakan kedatangan bayi Yesus, semoga selama masa Adven ini kita mampu terbuka hati akan bimbingan Allah untuk menerima kehadiran Yesus, sang Imanuel. Dialah tanda yang dijanjikan Allah, yang kepadaNya kita dipanggil untuk percaya dan taat pada namaNya (bdk Rom 1:5).

Semoga dengan sabda Tuhan hari ini, kita dapat meneladani sikap iman Bapa Yusuf, yakni sikap untuk taat dalam iman, percaya secara tota akan setiap perkataan Allah. Semoga kita pun berani untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada rencana dan kehendak Allah, dan mengimaninya secara sungguh apa yang Allah katakan.

Semoga dalam terang Roh Kudus kita dimampukan untuk  mempersiapkan hati menyambut kehadiran Sang Imanuel, “Tuhan yang sungguh hadir menyertai kita”, dalam diri kanak-kanak Yesus. Semoga Tuhan memberkati kita dan  Selamat Hari Minggu Adven IV.

Antonius Purbiatmadi





Next article Next Post
Previous article Previous Post