HIDUP PENUH BERKAT

author photo December 31, 2022
Minggu, 1 Januari 2023
HARI RAYA SP MARIA BUNDA ALLAH
Bacaan: Bil. 6:22-27; Gal. 4:4-7; Luk. 2:16-21


Sebagai orang beriman tentu sudah pantas dan selayaknya kita bersyukur kepada Tuhan atas berkat-berkat yang kita terima di sepanjang tahun lalu. Dan kita memohon berkat Tuhan untuk kehidupan kita di sepanjang Tahun Baru 2023, yang kita masuki mulai hari ini.

Bacaan-bacaan Kitab Suci hari ini berkaitan dengan berkat dan ucapan syukur serta pujian kita untuk memuliakan Allah. Bacaan Injil mengisahkan tentang para gembala yang bersyukur dan memuji Allah, karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Sikap iman para gembala tersebut me​​ngajar kita untuk selalu bersyukur, memuji dan memuliakan Allah atas segala apa yang kita peroleh dariNya di sepanjang hidup kita.

Hari ini kita rayakan Pesta Santa Maria Bunda Allah. Dalam banyak hal, bersama bunda Maria, kita senantiasa berdoa kepada Allah. Tentu banyak anugerah atau rahmat yang kita terima dari Allah berkat doa tiga kali Salam Maria, novena atau ziarah ke gua suci Maria. Kita percaya bahwa Bunda Maria adalah wanita yang dipilih dan diberkati secara istimewa oleh Allah. Sikap keterbukaan hati dan tanggapan imannya akan tawaran Allah, maka Bunda Maria pun menjadi rekan kerja Allah dalam karya keselamatan dunia.

Sebagai orang beriman dan yang telah menerima berkat baptisan, maka kita pun juga diajak untuk ikut serta dalam karya Allah bagi dunia dan hidup kita di sepanjang tahun baru ini nanti. Ada banyak rencana atau harapan kita di tahun baru ini. Kadang ada rasa takut, cemas atau ragu-ragu sehingga harapan atau rencana kita mustahil terwujud. Namun, seperti Bunda Maria, yang dalam setiap perkara selalu disimpannya dalam hati dengan sikap penuh iman, maka bagi Allah tidak ada yang mustahil. Kita diajak untuk bersikap seperti Bunda Maria, “Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu”.

Semoga melalui pesta SP Maria Bunda Allah,  kita semakin mengimani Yesus, yang dikandung dan dilahirkannya, sebagai “sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh Manusia”. Dengan anugerah kodrat yang demikian itu bagi Bunda Maria, semoga kita semakin percaya bahwa Allah akan senantiasa menyediakan rahmat dan berkat bagi kita di sepanjang tahun baru ini, sesuatu yang baik bagi kita, melalui Bunda Maria, orang pilihanNya. Mari bersama Bunda Maria kita memohon agar Allah memelihara, menjaga dan melindungi kita dari kuasa jahat atau musuh yang akan merampas semua yang baik itu dari kita. Semoga Allah memberkati setiap usaha, rencana dan kehendak baik kita melalui perantaraan GerejaNya. Amin.

Selamat Tahun Baru 2023.

(Antonius Purbiatmadi)
 

 

Next article Next Post
Previous article Previous Post