MENJADI SAKSI IMAN

author photo May 26, 2022
Kamis, 26 Mei 2022
Hari Raya Kenaikan Tuhan
Bacaan : Kis. 1:1-11; Ef. 1:17-23 ; Luk. 24:46-53.

Hari ini kita merayakan  Hari Raya Kenaikan Tuhan. Sebelum kenaikanNya ke sorga, Yesus mengatakan kepada para muridNya bahwa  Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga dan pemberitaan tentang pertobatan serta pengampunan dosa  yang harus  para rasul sampaikan kepada segala bangsa.  Kemudian, Yesus menegaskan bahwa mereka adalah saksi atas pemberitaan itu. Dan untuk tugas kesaksian  itu, Yesus menjanjikan kuasa Roh Kudus bagi mereka. 

Dalam sejarah Gereja Perdana, kita tahu para murid Tuhan kemudian melakukan tugas perutusan kesaksian tersebut. Mereka mewartakan tentang kebangkitan Yesus ke berbagai tempat, meski banyak tantangan yang mereka hadapi, namun mereka berhasil dalam tugas pewartaan. Semangat perutusan ini telah diwariskan kepada kita melalui Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Dan melalui baptisan, kita menerima kuasa untuk  menjadi saksi Kristus. Dan dalam tugas kesaksian iman itu, kita pun disertai oleh Roh Kudus untuk menyatakan kebenaran firman, memberi hikmat kepada semua orang untuk memahami dan menerapkan ajaran Tuhan. 

Dalam tugas perutusan kesaksian iman itu, mungkin kita  sering merasa ragu atau takut. Untuk itu hendaknya kita selalu berdoa memohon bimbingan Roh Kudus. Seperti  doa  Rasul Paulus bagi jemaatnya di Efesus, kita pun berharap agar Allah memberi kita  kuasa Roh Hikmat dan wahyu untuk mengenal Allah dengan benar.  Semoga  dengan bimbingan Roh Allah, hati kita akan tenang, dan  kita mampu melihat betapa hebat kuasa Allah bagi  kehidupan kita.  Semoga dalam setiap tugas perutusan dan kesaksian iman kita, kita tidak   takut, karena Tuhan berjanji  memberikan Roh KudusNya untuk menyertai tugas perutusan kita untuk selama-lamanya.  Semoga Tuhan memberkati kita. Amin.
 
Antonius Purbiatmadi
 

 

Next article Next Post
Previous article Previous Post