MISA ACIES LEGIO MARIA SENATUS BEJANA ROHANI

author photo April 07, 2021

 

Pada tanggal 13 Maret 2021 yang lalu, diadakan Misa Acies Legio Maria Senatus Bejana Rohani. Misa secara konselebran dipersembahkan oleh RD. Didit Supartono selaku Pemimpin Rohani Senatus Bejana Rohani bersama RD. Rochadi Widagdo dan RD. Nico Jumari di Paroki St. Yohanes Maria Vianney, Cilangkap. Memang di masa pandemi saat ini anggota Legio Maria tidak banyak yang hadir, tetapi melalui Youtube para anggota yang lain bisa mengikuti Misa Acies ini. Sebagai informasi bahwa peringatan ulang tahun ke-100 Legio Maria akan jatuh pada tanggal 7 September 2021.

 


Legio Maria (bahasa Latin: Legio Mariae) adalah sebuah kelompok kerasulan awam Katolik yang melayani Gereja Katolik secara sukarela. Legio Maria berjuang di bawah panji-panji Santa Maria Tak Bernoda dengan bersenjatakan doa-doa. Anggota Legio Maria tersebar di 5 benua dan merupakan Organisasi Kerasulan Awam terbesar dalam Gereja Katolik. Di Indonesia sendiri, Legio Maria berkembang dengan cukup pesat di paroki-paroki, termasuk di Keuskupan Bogor.


Menurut sejarahnya, pertama kali Legio Maria didirikan di Dublin, Irlandia, oleh orang awam Katolik, Frank Duff, pada 7 September 1921. Anggota pertamanya adalah Frank Duff, Pastor Micahel Toher dan 13 wanita. Pada awal perkembangannya, Legio Maria sempat tersendat-sendat. Namun kemudian Legio Maria dapat berkembang dengan baik. Pada tahun 1931, Paus Pius XI memuji karya kerasulan Legio Maria. Paus Paulus VI mengundang Frank Duff sebagai Pengamat Awam dalam Konsili Vatikan II. Dan Paus Yohanes Paulus II sedikitnya dua kali mengundang Frank Duff secara pribadi pada masa kepausannya. Tiga orang anggota awal Legio saat ini dalam Proses Penyelidikan untuk Penggelaran Nama Kudus (Santo/a). Mereka adalah Frank Duff, Edel Quinn dan Alfie Lambe.

 

Organ terkecil dari Legio Maria dinamakan Presidium dan dibagi dalam dua jenis; yaitu Presidium Senior (untuk anggota diatas 18 tahun) dan Presidium Junior (untuk anggota di bawah 18 tahun). Dewan tertinggi Legio Maria adalah Concilium di Dublin, Irlandia. Di bawahnya terdapat Senatus. Di bawah Senatus terdapat Commissium, kemudian Kuria dan terakhir Presidium. Satu Presidium biasanya terdapat 8-15 anggota. Di Paroki Maria Bunda Segala Bangsa sendiri ada 2 Presidium, yaitu Presidium Maria Rosa Mystica, dan Presidium Bunda Hati Kudus (Kapel Santa Lusia Cileungi), keduanya di bawah naungan Komisium Bintang Timur di tingkat Keuskupan Bogor.

 

(Komsos)



Next article Next Post
Previous article Previous Post