AJAKAN BERDOA, BERPUASA, BERKARYA AMAL

author photo May 10, 2020
Kepada
Ytk. Umat Paroki Maria Bunda Segala Bangsa


Tuhan memberkati kita.
Menanggapi ajakan Paus Fransiskus untuk mengadakan Puasa, Berdoa, dan Berkarya Amal pada hari Kamis, 14 Mei 2020, bersama para pengikut agama-agama yang ada di dunia, kami mengajak seluruh umat Keuskupan Bogor:

Melakukan puasa: puasa bagi kita adalah tanda pertobatan, tanda penyangkalan diri dan tanda kita mempersatukan sedikit pengorbanan kita dengan pengorbanan Yesus di kayu salib sebagai silih dosa kita dan demi mendoakan keselamatan dunia. Maka puasa yang dianjurkan pada hari itu:

  • Melatih hidup sederhana, ugahari: makan kenyang satu kali (mis: pagi atau siang atau malam);
  • Melatih kesabaran: menahan amarah, menahan kegemaran untuk mempersalahkan orang lain;
  • Melatih hidup dalam keteguhan hati untuk mengikuti aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Melakukan doa bersama dalam keluarga:

  • Doa Rosario: mengikuti Doa Rosario live streaming Para Uskup atau Doa Rosario keluarga.
  • Doa Kerahiman Ilahi (jam 15:00) dilanjutkan dengan koronka.
  • Para pastor merayakan Ekaristi dengan intensi khusus: intensi Bapa Paus dan mendoakan para dokter, tim medis, relawan, pemerintah, serta semua pihak yang berjuang mengatasi wabah pandemik covid-19.

Melakukan karya-karya kasih dalam wujud:

  • Kepada sesama manusia: memberikan amal sedekah, walaupun sedikit untuk menolong orang yang membutuhkan, misalnya: masing-masing lingkungan mengumpulkan beras, mie instan, bahan makanan pokok lainnya. Semua perlu ikut serta, walaupun menyumbang sedikit.
  • Kepada “Ibu Bumi” dan makhluk ciptaan lainnya misalnya: menyiram bunga, membersihkan rumah, halaman gereja dan pastoran, kebun.

Demikianlah beberapa petunjuk praktis sebagai bentuk keikut-sertaan kita dalam solidaritas rohani secara mondial, yang dianjurkan Paus Fransiskus.

Selamat berkarya. Salam sehar dan tetaplah bersukacita Injili.




Next article Next Post
Previous article Previous Post