SURAT GEMBALA PRAPASKAH 2019

author photo March 02, 2019
KITA KATOLIK - KITA INDONESIA MEMBANGUN HIDUP KRISTIANI YANG BERKUALITAS

Sudara-saudariku, umat beriman Keuskupan Bogor terkasih, semoga damai Tuhan berlimpah dalam hatimu.

Kita memasuki Masa Prapaskah dengan tanda abu dikenakan pada dahi atau kepala kita, sambil imam atau petugas berkata: "Bertobatlah dan percayalah kepada Injil" atau "Ingatlah, engkau ini abu dan akan kembali menjadi abu". Seruan ini memenuhi perayaan-perayaan selama masa tobat ini yang dimulai pada Hari Rabu Abu, 6 Maret 2019 dan berakhir pada hari Jumat Agung, 19 April 2019. Seruan-seruan Yesus dan para nabi ini ditujukan kepada semua orang baik dari kelompok generasi "tua", maupun mereka yang tergolong "generasi milenial". Yesus mengingatkan para murid dan kita semua: "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka. Berilah sedekah dan jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu" (Bdk. Mat. 6:1-4). Yesus berseru lagi: "Janganlah berdoa seperti orang munafik, berpuasalah" (Bdk 6,5). Sedangkan Nabi Yoel mengingatkan orang Israel dengan seruan tugas: "Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada Tuhan, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan penuh kasih setia. Adakanlah puasa yang kudus, maklumkanlah perkumpulan raya" (Bdk. Yosel 1:14). Inti ajakannya ialah untuk bertobat, berpuasa dan beramal, serta menjadi manusia cinta damai.

Saudara-saudariku terkasih,

Pribadi Allah yang dinyatakan kepada kita adalah Allah yang maha pengasih, panjang sabar dan penuh kemurahan hati. Kasih-Nya dirasakan dan dialami oleh kita semua melalui diri Yesus Kristus, Putra-Nya yang dikasihi-Nya. Kelembutan kasih Allah, kekuatan kemurahan hati-Nya mesti menggerakkan kita untuk kembali kepada-Nya seperti anak yang hilang dalam perikop Lukas 15:11-32. Allah sudah menyatakan kasih sayang, panjang sabar dan kemurahan hati-Nya. Maka mari kita membarui hidup kita agar lebih berkualitas kristiani. Pembaruan itu diimplementasikan dalam pekerjaan-pekerjaan yang baik dan berkualitas.

Keuskupan kita menggerakkan agar pekerjaan baik sebagai hasil pertobatan kita itu berdampak pada perlakuan terhadap sesama, alam semesta khususnya air yang sehari-hari sangat akrab dengan hidup kita. Komitmen kita sebagai pengikut Kristus menguatkan kita untuk berkarya nyata demi memajukan kesejahteraan umum bangsa kita. Selain itu, kita berjuang dengan sukacita memperbaiki kualitas air dalam lingkungan hidup kita. Maka tema prapaskah kita merumuskannya bahwa air berkualitas (di lingkungan hidup kita) mencerminkan hidup kristiani kita yang berkualitas.

Tentu kualitas pertobatan dan pembaruan hidup kristiani diukur tidak hanya oleh kualitas air yang semakin lebih baik. Ada pula aspek pertobatan lain yang dituntut oleh tanda-tanda zaman masa kini dan dalam konteks keindonesiaan kita. Paus Fransiskus mengingatkan kita: "Iman sejati - yang tak pernah nyaman atau sepenuhnya individual - selalu melibatkan hasrat mendalam untuk mengubah dunia, meneruskan nilai-nilai, meninggalkan dunia ini agak lebih baik daripada ketika kita temukan" (EG 183). Itu berarti gerakan pertobatan kita mesti mengandung hasrat mendalam untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Artinya kita mesti terlibat penuh dan teguh untuk ikut serta mengembangkan bangsa dan tanah air Indonesia atas dasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kita berjuang untuk menjadikan Indonesia "Rumah kita bersama", yang didalamnya semua orang Indonesia mengalami hidup dalam damai, sejahtera dan bersaudara serta berkelimpahan air yang berkualitas. Komitmen "Kita Indonesia" mengandung daya batin dan kerelaan hati untuk merasakan hidup senasib, sepenanggungan bersama warga bangsa lainnya dan saling membutuhkan satu terhadap yang lain. Sikap peduli dan saling berbagi dikonkretkan dalam gerakan-gerakan dan kegiatan kebangsaan.

Maka dengan mencermati tanda-tanda zaman now, kami menyerukan: "Umatku, adakan dan rayakan gerakan-gerakan pertobatab berdimensi kebangsaan di lingkungan-lingkungan dan puncaknya ialah pada perayaan Paskah Kristus bercorak kebangsaan". Gerakan-gerakan pertobatan itu antara lain:

  1. Gerakan pertobatan sakramental, berpuasa dan bersedekah ditingkatkan. Penuhilah bilik-bilik pengakuan dosa di gereja-gerejamu; isilah kotak-kotak derma dengan sukacita dan tulus. Hapuskanlah hutang-hutang irihati, dendam kesumat yang terpendam dalam hatimu. Berpestalah karena Allah mengasihi kita dan mengampuni kita. Rayakan cinta persaudaraan dengan saling memaafkan.
  2. Gerakan merayakan Paskah bercorak kebangsaan. Artinya kita mengimani bahwa Kristus yang bangkit membawa keselamatan dan fajar harapan baru bagi kebaikan Gereja dan bangsa kita. Iman kita akan Kristus yang mengalahkan kuasa dosa dan kuasa kematian mendorong kita untuk mempromosikan "budaya kehidupan", yang bercorak menghargai keberdayaan kita dan memberi semangat harapan baru bagi sesama warga.
  3. Gerakan peduli akan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai ke-Indonesiaan. Adakan dan rayakan moment-moment kebangsaan bersama elemen bangsa lainnya. Semua umat katolik yang mempunyai hak pilih mesti terlibat dalam pesta demokrasi, PEMILU PILPRES, PILEG 2019 ini dengan ikut mencoblos. Dengan demikian kita berjuang bersama membangun masyarakat yang beradab, adil dan salingmenghargai. Kita berinisiatif membangun dialog lintas iman dan dialog budaya, serta dialog dengan penjabat-pejabat negara, serta para anggota wakil rakyat.
  4. Gerakan pertobatan ekologis dengan fokus 2019 ini ialah meningkatkan kualitas air dengan tidak ikut melakukan pencemaran-pencemaran pada sumber-sumber air, sungai, laut. Komitmen mengurangi penggunaan plastik harus diteruskan dan "air mineral kemasan (gelas/botol plastik)" tidak lagi dipakai dalam perayaan-perayaan di gereja-gereja, paroki, lingkungan dan sekolah-sekolah.
  5. Gerakan meningkatkan kualitas perjumpaan dan "peduli sesama" dalam setiap keluarga-keluarga. "Sedekahkan-waktumu" untuk sesama yang membutuhkan sapaanmu, terutama dalam keluarga-keluarga. Bersepakatlah untuk mengadakan jam perjumpaan dengan "duduk bareng bersama tanpa smart-phone". Jam itu bisa diisi dengan cerita-cerita (apa saja) antara orang tua dan anak-anak.

Akhirnya, marilah kita menjadikan masa prapaskah ini sebagai masa yang indah serta penuh sukacita, karena kita disayangi Tuhan dan kita kembali kepada-Nya untuk mencintai-Nya dan sesama manusia. Bersama Bunda Maria, Bunda Gereja, kita menyongsong Paskah Kristus dengan riang gembira. Selamat memasuki masa Prapaskah.

Bogor, 19 Februari 2019


Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM
Uskup Keuskupan Bogor




Next article Next Post
Previous article Previous Post