Mari Mengenal Kegiatan Emmaus Journey

author photo March 02, 2023
Mari Kita Mengenal kegiatan-kegiatan EMMAUS JOURNEY dengan seksama, serta mari kita berjalan bersama mengenal dan memahami Sabda Tuhan melalui membaca, merenungkan dan sharing iman.

Apa Latar Belakang Emmaus Journey ?

Latar belakang EJ terinspirasi dari pengalaman dua murid Yesus dalam perjalanan (Journey) mereka ke sebuah kampung bernama Emaus (Emmaus). Sumbernya berasal dari Injil Lukas 24:13-35. Kedua murid tersebut kemudian menyadari bahwa ternyata Yesus sendirilah yang berkenan menyertai perjalanan mereka ke Emaus dan penyertaannya itu berdampak sangat positif bagi perjalanan hidup mereka selanjutnya.

Di dalam Kelompok, Pendalaman Spiritualitas Kitab Suci “Emmaus Journey”, setiap peserta diajak untuk menyadari penyertaan Tuhan Yesus dalam setiap langkah perjalanan hidup mereka. Usaha ini dilakukan secara pribadi ketika peserta menyiapkan diri sebelum pertemuan maupun secara kelompok yang diadakan sekali seminggu dengan didampingi oleh fasilitator. Bahan Emmaus Journey yang digunakan terdiri atas 4 (empat) buku yaitu Perjalanan Menuju Hidup Mendasar (1), Perjalanan Menuju Hidup Berbuah (2) dan Perjalanan Menuju Hidup Terfokus (3), serta yang terakhir adalah “Seven Last Words From The Cross”.


Apa Itu Emmaus Journey ?

Emmaus Journey (EJ) adalah Spiritualitas Kitab Suci yang membantu umat Katolik lebih menghayati firman-firman-Nya dan menerapkan ajaran-ajaran-Nya dalam kehidupan sehari-hari. 

Melalui program ini secara bertahap para peserta Emmaus Journey akan didampingi untuk menjalani kehidupan Kristiani yang mendasar, berbuah dan terfokus.

Karena itu agar setiap umat Katolik yang sudah merasakan dan mendapatkan pengalaman ketika Tuhan Yesus menyertai perjalanan hidupnya mau membagikan atau mensharingkan pengalaman imannya itu kepada umat Katolik lainnya.

Apa Tujuan Emmaus Journey ?

Tujuannya adalah untuk membawa semua umat Katolik yang terlibat kepada antusiasme akan iman dan dalam menghidupkan imannya dalam Yesus dengan bebas mensharingkan nya satu sama lain.

Manfaatnya adalah terciptanya persahabatan yang saling mendukung dan menyemangati ; terjadi pertumbuhan dan perubahan secara spititual ; pelayanan dan pewartaan di semangatkan.
 
Kegiatan Emmaus Journey dapat di tempuh selama kurang lebih 9 bulan dan akan dibekali dengan 4 buku, sebagai materi pedoman berkegiatan.


1. Buku I (10 sesi)
Perjalanan Menuju Hidup Mendasar:
  • Pengantar untuk pembelajaran Kitab Suci melalui membaca dan menandai Kitab Suci
  • Mengenal pentingnya Sabda Tuhan
  • Menanggapi Sabda Tuhan dalam doa
  • Penggunaan “Jurnal Emmaus”
  • Mengembangkan spiritualitas pribadi
  • Mengembangkan disiplin rohani dengan melatih diri dalam “Kebiasaan Iman”.
  • Pentingnya saling mengasihi satu sama lain
  • Pentingnya perubahan melalui tanggapan iman, ketaatan dan pelayanan, dan membiarkan Roh Kudus mengubah hidup kita. 

2. Buku II (11 sesi)
Perjalanan Menuju Hidup Berbuah:
  • Merenungkan Sabda Tuhan melalui meditasi
  • Membangun karakter hidup berbuah
  • Memberikan pegangan dan pemahaman baru akan buah-buah Roh yaitu : kasih, suka cita, damai sejahtera dan iman. Ke-empat aspek buah-buah Roh tersebut adalah dasar untuk menjadi orang Kristen sejati yang kehidupannya adalah mengundang orang kepada Yesus, agar kebenaran-kebenaran Sabda Allah semakin meresap ke dalam hidup kita. (Sumber : Paus Johannes Paulus II dalam Redemptoris Missio, Bab V-42)

3. Buku III (9 sesi)
Perjalanan Menuju Hidup Terfokus:
  • Kristus sebagai pusat kehidupan kita
  • Menjadi murid Kristus
  • Pelayanan bertanggung jawab
  • Pelayanan dengan hati
  • Pelayanan dengan hidup
  • Pelayanan kepada misi 
Catatan:
Materi Emmaus Journey dari Buku I, II dan III tersebut disusun dan telah diuji penggunaannya pada komunitas-komunitas Katolik di Paroki Holy Apostles, Colorado Springs, Colorado, United States. 

4. Buku IV - Tujuh Sabda Terakhir
Dalam buku ini akan berjalan bersama selama 7 sesi, dalam 7 LW ini kita di ajak untuk memahami apa yang di rasakan Kristus di atas kayu salib serta mencari dan menemukan kekuatan yang di berikan Allah kepada manusia dalam hidupnya

Mari .... Segera bergabung dan berjalan bersama dengan kami dengan melalui tautan berikut ini: https://bit.ly/ksreg


Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"


Next article Next Post
Previous article Previous Post